14689889 1420408141307201 1684446146 oWakil Walikota Makassar Syamsu Rizal dan Deputi Bidang Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Hari Sungkari membuka kegiatan BEKUP 2.0 pada 16 Oktober 2016 yang diadakan di STMIK KHARISMA Makassar.

BEKUP yang merupakan singkatan dari BEKRAF for Pre-Startup digagas oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) serta didukung oleh MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK/Digital Indonesia) dan PT. Telekomunikasi Indonesia. BEKUP bertujuan untuk meningkatkan jumlah startup berkualitas di Indonesia melalui program untuk membekali calon pendiri startup dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan sehingga pada akhirnya dapat meminimalisir resiko kegagalan. Setelah sukses mengadakan BEKUP yang pertama di bulan Juni di 14 kota, BEKUP 2.0 kembali memfasilitasi teman-teman di 5 Kota di Indonesia yaitu, Medan, Tangerang, Bandung, Malang dan Makassar.

Untuk mencapai tujuan tersebut BEKUP dilaksanakan dalam 4 fase kegiatan yang berkelanjutan. Fase pertama adalah Workshop yang berfungsi untuk menyampaikan materi pengetahuan dasar. Fase berikutnya adalah Talent Development yang bertujuan memastikan setiap calon pendiri startup menguasai keterampilan dan keahlian dasar yang diperlukan sesuai peran yang akan dijalaninya di startup yang didirikan, baik sebagai Co-Founder Bisnis, Teknis maupun Kreatif/Desain. Berikutnya pada fase Founder Preparation peserta dipersiapkan dengan pengetahuan dan soft-skill yang diperlukan sebagai calon pemimpin tim dan pemimpin perusahaan. Sedangkan pada fase Pre-Incubation, peserta sebagai satu tim akan dibimbing dalam mengeksekusi langkah pertama dalam mendirikan startup-nya dengan berfokus pada eksperimen bisnis untuk memastikan ide produk yang akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

Dalam sesi pembukaan BEKUP 2.0 Syamsu Rizal Wakil Walikota Makassar menyampaikan “Kami sedang mempercepat pertumbuhan Industri Kreatif Kota Makassar, jumlah program Pemerintah Kota di sektor ini pun jauh lebih banyak dibanding tahun lalu. Tentu kehadiran BEKUP ini sejalan dengan visi Kota Makassar khususnya di sektor Kreatif Digital.”

Selama 6 hari membuka registrasi tercatat lebih dari 1.700 peserta termasuk 333 orang dari Makassar. 120 orang diantaranya dinyatakan lolos kualifikasi untuk mengikuti program BEKUP 2.0 di Kota Makassar.

Syamsu Rizal kemudian menambahkan “Semoga lebih banyak lagi startup dari Kota Makassar yang tidak hanya jago membuat produk tetpai juga dapat memasarkannya dengan tepat.”

Program BEKUP yang pertama adalah workshop Digital Industry Introduction dan selanjutnya akan ada workshop lanjutan yang diadakan di Kota-kota yang diadakannya program BEKUP 2.0.



Page 1 of 31

© 2017, Digital Innovation Lounge
Powered by jms multisite for joomla